Aki Yamaha Xeon RC / GT suka drop? Ini solusinya ..

By | 3 January, 2016

New-Yamaha-Xeon-RC-2014-03

Menyebalkan memang punya motor rakus ma AKI, itu tuh batere motor. Udah dibeliin baru, umurnya ga sampe 6bulan, drop dan wassalam.
Akhirnya cari tau masalahnya, identifikasi masalah gitu dah.
Info dari blog sebelah, katanya gara-gara Autochooke yang selalu kondisi ON.. Bagi saya ini terbantahkan dan tidak menjadi sumber masalahnya.

Nah, apa dong masalahnya???
Masalahnya adalah :
– Ketika kunci kontak, ternyata AKI ini tidak sepenuhnya terputus dari perangkat kelistrikan
– Setelah dilakukan pengukuran dengan Ohm meter pada 2 kabel kutub AKI setelah AKI dilepas, ternyata masih ada beban hambatan 675Ω, yang berarti masih ada perangkat aktif menyedot sumber listrik dari AKI, walopun kunci kontak sudah dilepas.

Solusinya adalah, “Merubah jalur kelistrikan AKI”

  1.  Lepas AKI, ukur hambatan di kedua kutub kabelnya. Di motor saya sekitar 675Ω

    Secara kelistrikan normal, harusnya hambatan itu nol “0”, tidak terhubung ke perangkat apapun.

  2.  Lepaskan soket kabel kunci kontak dan potong kabelnya.


  3.  Potong Kabel merah di soket Relay Starter, kabel ini biang kerok drop nya aki.

    Disitu terdapat 2kabel merah, satunya masuk ke kunci kontak, sisanya adalah ke unit ECU. Jadi walopun kontak kita matikan, sebenarnya ECU masih dalam keadaan stanby. Nah, harusnya kabel merah ini lah yang kita putus dan sambungkan ke kontak langsung, pada kedua kabelnya.
    Setelah kabel dipotong, sambungkan soket lawan yang kita dapat dari pemotongan kabel di point ke-2 diatas.
    Setelah disambung, soket tersebut di colokkan ke soket kabel pada kunci kontak.
    Dengan begini, maka kunci kontak akan memutus semua arus dari AKI, ke seluruh kabel body.. Artinya ECU tidak akan standby lagi dan bikin boros AKI.

  4. Charge Ulang AKI yang Drop

    Nah , AKI kan sudah ngedrop melayani ECU yang standby mulu.. tidak ada salah nya kita charge dulu setelah perbaikan jalur kelistrikan.
    Setidaknya ini akan sedikit membantu, jika masih ditemukan drop juga, silahkan ganti AKI Baru.
    AKI baru ini akan lebih tahan lama, karena ketika kunci kontak di matikan, maka tidak ada perangkat apapun yang menyedot daya listrik dari Aki batere. Silahkan dicoba, pasti Aki batere akan lebih tahan lama.

 

Cukup segini aja sharingnya, silahkan digunakan dengan bijak ilmu barunya.

Jangan lupa di share di Facebook ya bro..

11 thoughts on “Aki Yamaha Xeon RC / GT suka drop? Ini solusinya ..

Leave a Reply