Menyebalkan memang punya motor rakus ma AKI, itu tuh batere motor. Udah dibeliin baru, umurnya ga sampe 6bulan, drop dan wassalam.
Akhirnya cari tau masalahnya, identifikasi masalah gitu dah.
Info dari blog sebelah, katanya gara-gara Autochooke yang selalu kondisi ON.. Bagi saya ini terbantahkan dan tidak menjadi sumber masalahnya.
Nah, apa dong masalahnya???
Masalahnya adalah :
– Ketika kunci kontak, ternyata AKI ini tidak sepenuhnya terputus dari perangkat kelistrikan
– Setelah dilakukan pengukuran dengan Ohm meter pada 2 kabel kutub AKI setelah AKI dilepas, ternyata masih ada beban hambatan 675Ω, yang berarti masih ada perangkat aktif menyedot sumber listrik dari AKI, walopun kunci kontak sudah dilepas.
Solusinya adalah, “Merubah jalur kelistrikan AKI”
- Lepas AKI, ukur hambatan di kedua kutub kabelnya. Di motor saya sekitar 675Ω
- Lepas AKI dan ukur hambatan
Secara kelistrikan normal, harusnya hambatan itu nol “0”, tidak terhubung ke perangkat apapun.
- Lepaskan soket kabel kunci kontak dan potong kabelnya.
- Lepaskan soket kabel kontak
- Potong Kabelnya di sisi lawan soket
- Sambungkan lawan soket tadi yang sudah dipotong
- Potong Kabel merah di soket Relay Starter, kabel ini biang kerok drop nya aki.
- Potong kabel merah, biang kerok aki DROP
- Setelah dipotong, sambung soket dari kabel point 2 diatas
Disitu terdapat 2kabel merah, satunya masuk ke kunci kontak, sisanya adalah ke unit ECU. Jadi walopun kontak kita matikan, sebenarnya ECU masih dalam keadaan stanby. Nah, harusnya kabel merah ini lah yang kita putus dan sambungkan ke kontak langsung, pada kedua kabelnya.
Setelah kabel dipotong, sambungkan soket lawan yang kita dapat dari pemotongan kabel di point ke-2 diatas.
Setelah disambung, soket tersebut di colokkan ke soket kabel pada kunci kontak.
Dengan begini, maka kunci kontak akan memutus semua arus dari AKI, ke seluruh kabel body.. Artinya ECU tidak akan standby lagi dan bikin boros AKI. - Charge Ulang AKI yang Drop
- Charge Ulang AKI
Nah , AKI kan sudah ngedrop melayani ECU yang standby mulu.. tidak ada salah nya kita charge dulu setelah perbaikan jalur kelistrikan.
Setidaknya ini akan sedikit membantu, jika masih ditemukan drop juga, silahkan ganti AKI Baru.
AKI baru ini akan lebih tahan lama, karena ketika kunci kontak di matikan, maka tidak ada perangkat apapun yang menyedot daya listrik dari Aki batere. Silahkan dicoba, pasti Aki batere akan lebih tahan lama.
Cukup segini aja sharingnya, silahkan digunakan dengan bijak ilmu barunya.
Jangan lupa di share di Facebook ya bro..
Silahkan di komentari
Gan xeon RC ane juga penyakitnya kaya gini.
Boleh buat videonya di youtube gan? cz klo liat gambar diatas rada kurang paham..hehehe
Belum sempet bongkar lagi gan
Gan xeon saya sama sering ngedrop .tpi saya blum paham caranya ni.maklum lah ?
Sdh di sambung ko ga bisa di matikan mesinya saat kunci off tp indikator di spido mati aj tp mesin ttp ga mati.. Gmn ni solusinya?
Mungkin salah penyambungan om, diurut lagi kabelnya
Mksd’nya gmna ya bang..
kabel kontak yg dipotong cuma 1 atau gmna..
Sekalian bikin tutorialnya di youtube aja bang..
cz..itu hal yg sngt2 bermanfaat..
Motornya sudah tidak ada gan, kalo ada motor yang mau digarap bisa ke rumah gan
Lokasi dmn om motor xeon saya drop trs akinya
Saya di Citayam mas gan, silahkan datang aja
WA 0816765658
Ini kita punya mio soul gt injeksi om nah klo mio soul gt injeksi kn klo gk ada aki gk bisa nyala nah ane padahal udh cas akiNyaaaa bisaa nyala motornyaaaa tapi cuma bisa dipakai beberapa jam doankkk gk ampe 2 hari gan itu knp yaaaa ?
Bisa jadi akinya Drop, kiprok pengisian ga normal, atau spulnya udah ga bisa bekerja dengan baik
Mksh om smoga berhasil aminnnn
Gan xeon saya kl ga di hidupin satu hari pasti tekir akinya.padahal akinya baru seminggu tolong dong saya ksih pidenonya supaya tau caranya.saya aga kurang paham nih kalau melalui tulusan .mks
Gan kl saya datang bisa ga di rubah punya saya ongkosnya brpa
Mks0
Bisa aja mas gan