Operasi Tahap 1 Malignan Neoplasm of Tongue

By | December 5, 2020

Assalamu alaikum,

Bismillah,

Alhamdulillah operasi tumor lidah tahap awal sudah berhasil dilakukan pada Jumat, pukul 13:30WIB di RSUP KARIADI.

Pengangkatan tumor melalui operasi dengan anestesi full body. Baru kali ini saya dibius total selama hampir 2jam dan 1jam pemulihan.
Obat anestesi di injeksi melalui selang infus di tangan kiri, seingat saya ada 2kali injeksi obat anestesi.

Pasca operasi tertidur lemah selama 12jam
Gambaran kondisi lidah sebelum dan sesudah operasi.

3Desember2020, sebelum operasi

Kondisi lidah setelah Operasi tahap 1


Setelah operasi dan pemulihan anestesi, tubuh kejang2 hebat, entah efek obat atau badan saya kedinginan di dalam ruang operasi.

Kondisi lidah setelah operasi, Alhamdulillah terasa lebih ringan, walopun masih terasa kaku. Dan yang pasti selama tumor dan pasca operasi, saya jadi agak cadel/celat serta banyak perubahan dalam bicara, tidak selancar sebelum sakit.

Bagaimana dengan makan dan minum?
Setelah 16jam operasi, baru diperbolehkan melepas perban penahan gigi. Dan sebelum 16jam itu dilarang minum air dan makan apapun. Sabtu pukul 08.15wib baru saya lepaskan penahan gigi dan melatih berkumur dengan air, serta berkumur dengan antiseptic Betadine. Ternyata masih ada sisa2 darah yang tertinggal dalam mulut. Asupan pertama kali, air putih, disusul dengan bubur tepung halus. Tidak semudah makan lidah normal, sementara ini masih mengikuti kebiasaan saat sakit, yakni makan dengan menempatkan makanan ataupun minuman di sisi mulut sebelah kanan, agar tidak terkena lidah sebelah kiri. Bagaimana kalo kena lidah kiri? Ya karena belum 100% sembuh operasinya, masih terasa sakit perih dan rawan robek lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *