Hari ke-2 setelah Operasi Tumor Lidah – Neoplasm of Tongue

By | December 6, 2020

Tak terasa sudah 7hari menginap di RS Kariadi Semarang dan memasuki hari ke-2 setelah operasi. Ya operasi pada Jumat, 4Desember2020 pukul 13:30WIB.
Hari ke 5, dilakukan pemindahan injeksi intravena karena pembuluh darah mengembang dan cairan keluar dari lubang injeksi di tangan.Awalnya berada di atas telapak tangan kini pindah ke pembuluh intravena samping.Lalu bagaimana dengan asupan gizi?
Kata dokter Subiyakto, saya sudah diperbolehkan makan makanan lunak, seperti bubur. Oleh dokter gizi saya masih menggunakan menu yang sama seperti sebelum operasi.

  • Bubur sumsum gula merah
  • Susu sapi
  • Jus buah
  • Puding

Kemarin nekad kangen makan burger, orderlah GoFood ke BurgerKing, makan CheeseBurger. Ternyata ini jadi masalah, padahal sudah saya cuil kecil-kecil. Lidah dipaksa gerak untuk bantu mengunyah burger, akhir terasa perih dan membengkak. Ternyata bengkaknya bertahan sampe hari ini.Perhatikan garis tengah lidah, lidah kiri lebih lebar daripada kanan karena bengkak dan ini menganggu kemampuan bicara saya. Sakit? Tentu.Semoga hari ini trauma lidah segera membaik dan tidak membesar sehingga lebih cepat dalam proses penyembuhannya.Adalagi yang saya rasakan, seperti ada daging tumbuh dibelakang lidah kanan, ini terasa saat menelan makanan. Semoga bukan daging tumbuh tapi hanya benjolan sesaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *